Analisis Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Kegiatan Tari Kreasi Di TK PGRI 04 Kartini Semarang
DOI:
https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.653Keywords:
kecerdasan kinestetik, tari kreasi, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Kegiatan Tari Kreasi. Penelitian ini meneliti tentang Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Kegiatan Tari Kreasi di TK PGRI 04 Kartini Semarang yaitu bagaimana kecerdasan kinestetik anak usia dini sebelum diterapkan kegiatan menari, bagaimana pelaksanaan kegiatan menari dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak, dan apakah kecerdasan kinestetik anak usia dini kelompok B dapat dikembangkan melalui kegiatan tari kreasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti di TK PGRI 04 Kartini Semarang, dapat disimpulkan bahwa sebelum diterapkan kegiatan menari anak cenderung menyukai kebudayaan negara lain seperti tarian orang dewasa di YouTube atau di aplikasi Tik-Tok. Pelaksanaan kegiatan menari dipandu oleh guru tari dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dan mengenalkan budaya tanah air. Kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK PGRI 04 Kartini Semarang dapat berkembang dengan baik melalui kegiatan tari kreasi.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asrul, Ahmad Syukri. 2016. Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Atmaja, Purwa. 2016. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Davis, Gary A. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. Jakarta: PT Indeks.
Deviyanti, Ayunita. 2013. Panduan Lengkap Mencerdaskan Otak Anak Usia 0-6 Tahun. Yogyakarta: Araska.
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Gardner, Howard. 2013. Multiple Intelligences: Daras
Hamzah dan Umar, Masri Kuadrat. 2011. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Khasanah, Imroatun. 2016. ”Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Tari Tradisional Angguk di Tk Melati II Glagah”. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, edisi ke 3 Tahun ke-5.
Lwin, May. 2014. Cara Mengembangkan Berbagi Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: Indeks.
Margono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Mulyani, Novi. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Munawaroh, Lailatul, Khotimah, Nurul. 2018. “Penerapan Kegiatan Tari Kreasi dalam Kemampuan Kinestetik Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo”, Jurnal PAUD Teratai,Vol.07.No.01.
Mursid, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2009. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka
Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pamadhi, Hadjar dkk. 2010. Pendidikan Seni di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pekerti, Widia. 2015. Metode Pengembangan Seni. Universitas Terbuka.
Permendikbud No.137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD
Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009
Priyanto, Aris. 2014. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/XVIII/November 2014.
Rachmawati, Yeni, Kurniati, Euis. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada anak Usia Dini Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sit, Masganti dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nuraini dan Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara,
_____________. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Prenada Media Group, hlm. 62, 163-164.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT BIVA.
Suyadi dan Ulfa, Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Rosdakarya.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Urbaningrum, Anis et.al. 2018. ”Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Tari Kreasi pada Anak Kelompok B”, Jurnal Wahana Sekolah Dasar Tahun 26,No.1.
Wembrayarli. 2015. Pembelajaran Tari Aud. Universitas Bengkulu.
Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD, Yogyakarta: Gava Media.
Yaumi, Muhammad, Ibrahim, Nurdin. 2013. Pembelajaran Berbasis kecerdasan Jamak. Jakarta: Prenada Media Group
Yaumi, Muhammad dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak Multiple Intelegences. Jakarta: Kencana.
Yoyok, Siswandi. 2008. Pendidikan Seni Budaya. PT. Ghalia Indonesia Printing.
Yus, Anita. 2012. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
______________. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Zulfa, Umi. 2011. Metodologi Peneitian Sosial. Yogyakarta: Cahaya Ilmu.