Peranan Room Attendant Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Tamu Di The Alana Hotel & Convention Center Solo
DOI:
https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.566Keywords:
Kepuasan Tamu, Peran, Room Attendant.Abstract
Room Attendant adalah jabatan di dalam departemen housekeeping yang bertugas untuk membersihkan kamar dan memperhatikan kerapian dan kelengkapan kamar sebelum digunakan oleh tamu hotel. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran Room Attendant dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu di The Alana Hotel & Convention Center Solo. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sampel yang digunakan adalah 5 staf dan 5 tamu dan dianalisis menggunakan teknik triangulasi data. Data yang diperoleh menyatakan bahwa peran petugas kamar yang meliputi peran, peningkatan pelayanan serta kendala & solusi sudah baik, dibuktikan dengan wawancara bahwa sebagian besar tamu merasa puas. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran Room Attendant di The Alana Hotel & Convention Center Solo sudah cukup baik meliputi peran, peningkatan pelayanan, serta kendala & solusi.
References
Ahyar dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Danial, E. dan N. W. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
Daniel, M. (2002). Metode Penelitian Sosial Ekonomi (cet 3).
Indriantoro dan Supomo. (2009). Metode Penelitan. PT Gramedia.
James L. Gipson, John M. Ivancevich, James H. Donnely, J. (1994). Organisasi dan manajemen : perilaku, struktur, proses (Ed. 4, Cet). Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=483379# https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=671721
Kotler,Amstrong.2008.Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jakarta.Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (12 Jilid 2). PT Indeks.
K, R. N. (2002). Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Bumi Aksara.
Moleong,Lexy,2007.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:Remaja Karya
Nasution. (2003a). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.
Nasution. (2003b). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.
Nasution. (2003c). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.
Ratna, N. K. (2004). Teori, metode dan teknik penelitan sastra : dari strukturalisme hingga postrukturalisme perspektif wacana naratif / Nyoman Kutha Ratna. Pustaka Pelajar.
Rijali Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,RnD. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono,2011,Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif,Kuantitatif dan ;R&D,Bandung ;Alfabetha
Sugiyono,2013,Metodologi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D ,Bandung;Alfabetha
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Soerjono Soekanto. (2002). Teori Peranan (Soerjono Soekanto (ed.); Bumi Aksar).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (p. 329). Alfabeta.
Tjiptono,Fandy,2005.Pemasaran Jasa.Malang:Bayu Media
Tjiptono,(2012)Se.Goteservice Management.Yogyakarta:Andy Offset
Widiawati Kristiana, Santoso Nurul Eka. 2021. Implementasi Pelayanan Prima Room attendant Pada PT Citra Heavy Industries. Jurnal Sekretari dan Jakarta Administrasi Serasi, Vol. 19, No. 1.