Analisis Tingkat Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Menyusun Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.535Keywords:
Kecemasan mahasiswa biologi, skripsi.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa pendidikan biologi USN Kolaka yang merasa cemas dalam menyusun skripsi. Kecemasan adalah emosi yang tidak menyenangkan yang ditandai dengan kekhawatiran dan ketidakberdayaan terhadap sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Tujuan dari penelitian itu adalah untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan mahasiswa pendidikan biologi dalam menyusun skripsi. Jenis penelitian bersifat deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 21 mahasiswa. Data dianalisis secara deksriptif. Hasil penelitian mengungkap tingkat kecemasan mahasiswa pendidikan biologi dalam menyusun skripsi berada pada kategori sedang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa pendidikan biologi USN Kolaka yang merasa cemas dalam menyusun skripsi. Kecemasan adalah emosi yang tidak menyenangkan yang ditandai dengan kekhawatiran dan ketidakberdayaan terhadap sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Tujuan dari penelitian itu adalah untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan mahasiswa pendidikan biologi dalam menyusun skripsi. Jenis penelitian bersifat deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 21 mahasiswa. Data dianalisis secara deksriptif. Hasil penelitian mengungkap tingkat kecemasan mahasiswa pendidikan biologi dalam menyusun skripsi berada pada kategori sedang.
References
Andriani, N., & Wibawanta, B. (2020). Peran Dosen Pembimbing Sebagai Pemimpin Yang Melayani Dalam Pembimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Program Sarjana [The Role Of Supervisor As A Servant Leader In The Final Project Supervision Of Undergraduate Students]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 230-251.
Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi Di Lingkungan Fkip Universitas Muhammadiyah Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 36-44.
Hilliard, J., Kear, K., Donelan, H., & Heaney, C. (2020). Computers & Education Students ’ experiences of anxiety in an assessed , online , collaborative project. Computers & Education, 143 (July 2019), 103675. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103675
Kalyani, V. (2021). A Study of Effect of Social Networking Sites on the Self-Esteem of
Adolescent Girl Students Belonging to Urban Areas of Sivaganga District. SSRN, 7.
https://doi.org/Kalyani, V., A Study of Effect of Social Networking Sites on the Self-
Esteem of Adolescent Girl Students Belonging to Urban Areas of Sivaganga District
(July 4, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3879915 or
http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3879915
Mahsun, M. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Rajawali Press.
Nurhindazah, D., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan adversity intelligence pada mahasiswa yang menjalani mata kuliah tugas akhir di fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 5(4), 645-652.
Ümmet, D. (2015). Self Esteem among College Students: A Study of Satisfaction of Basic Psychological Needs and Some Variables. Procedia -Social and Behavioral Sciences,174, 1623–1629. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.813
Wiyatmo, Y., Mundilarto, S., & Widodo, E. (2010). Efektivitas Bimbingan Tugas Akhir Skripsi (TAS) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. In Dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, hal (pp. 405-414).
Zulkifli, N. (2012). Persepsi mahasiswa tentang peranan dosen pembimbing dalam pembuatan tugas akhir (Skripsi) mahasiswa pada program studi administrasi pendidikan FKIP Universitas Riau Pekanbaru (2011). Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 50-58.