STRATEGI PEMASARAN ANALISIS SWOT PADA BELIKOPI PASCA PANDEMI (STUDI KASUS OTLET BELIKOPI CABANG LAMONGAN)

Authors

  • Awal Ramadhani Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Sutikno Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Mu’ad Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Dwi Reni Nisvul Lailyningsih Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Sukahar Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran menggunakan Analisis SWOT pada outlet Belikopi cabang Lamongan. Jenis penelitian ini menggunakan dskriptif kualitatif, metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Wawancara dilakukan pada pimpinan, karyawan dan pengunjung Outlet Belikopi cabang Lamongan. Untuk menganalisis data Triangulation, Teknik Analisis, Data reduksi. Hasil analis SWOT menunjukan bahwa strength (kekuatan) yaitu lokasi yang strategis, produk yang berkualitas dan unggulan, produk yang beragam, harga yang terjangkau konsumen, dan pelayanan yang ramah. Sedangkan weakness (kelemahan) yang dimiliki adalah adanya karyawan yang datang terlambat, masih minimnya fasilitas yang ada opportunity (peluang) yaitu meningkatnya permintaan konsumen, peluang pasar yang luas, meningkatkan pemasaran melalui media sosial, kualitas produk diakui konsumen. Sedangkan, threat (ancaman) adalah pesaing yang bergerak pada bidang yang sama, pesaing yang memberikan harga miring, dan mulai tumbuhnya kafe yang baru.Strategi yang dapat digunakan BELIKOPI Lamongan berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan membuka cabang baru, mengintensifkan promosi pada pasar, menjaga kualitas produk yang ditawarkan, memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi, dan memberikan fasilitas berupa musholla dan non-smoking area serta kamar mandi  agar konsumen merasa lebih nyaman saat berada di kafe.

 

References

Fahmi, I. (2015). manajemen teori dan aplikasi Ciracas., Jakarta : Erlangga 115 (Issue 2010).

Fandy Tjiptono, C. G. (2012). Service, Quality & Satisfaction (Ketiga). Andi.

Fani, S., Nadiya, N., & RWahyu Ruyanti, R. (2019). STRATEGI PEMASARAN MIE KHAS ACEH PADA RESTORAN MIE ACEH RAZALI. https://www.semanticscholar.org/paper/STRATEGI-PEMASARAN-MIE-KHAS-ACEH-PADA-RESTORAN-MIE-Sartika-Nadiya/433623d7064f06fda5b9319696b2029fec8d3a96

Gunawan, K. (2017). Strategi pemasaran dalam meningkatan usaha para anggota baitul maal wat tanwil. 10, 234–257.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.

Lane, K., & Keller, P. (2017). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 . 2009.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2016). Evaluasi Kerja. In PT.Refika Aditama. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Musarofah, S., Ah, A., & Sawabi, I. K. (2022). SWOT Analysis Marketing Strategy In Creating A Competitive Advantage Home Industry Handicraft Folding Mat ( Studies on CV . Excellent Group ). 01(01), 127–141.

Prasetyo, T. (2013). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI CAVINTON HOTEL YOGYAKARTA T . Prasetyo Hadi Atmoko. Jurnal UPI, 83–96.

Rangkuti, F. (2013). SWOT – BALANCED SCORECARD (G. P. Utama (ed.); Gramedia P). Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Awal Ramadhani, Sutikno, Mu’ad, Dwi Reni Nisvul Lailyningsih, & Sukahar. (2023). STRATEGI PEMASARAN ANALISIS SWOT PADA BELIKOPI PASCA PANDEMI (STUDI KASUS OTLET BELIKOPI CABANG LAMONGAN). Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 143–159. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.516