Peran Rebrandring dan Product Quality Terhadap Brand Image Produk Fair and Lovely Menjadi Glow and Lovely

Authors

  • Novita Zahrotul Khoiroh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Lilik Purwanti Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v1i4.452

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran rebranding dan product quality terhadap brand image produk fair and lovely menjadi glow and lovely. Hipotesis dalam penelitian ini ada tiga. Hipotesis pertama adalah rebranding berpangaruh positif signifikan terhadap brand image hipotesis dua product quality berpengaruh positif signifikan terhadap brand image dan hipotesis tiga yaitu rebranding dan product quality berpangaruh positif signifikan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil 86 responden generasi Z di Desa Pagerwojo, alat hitung analisis yang digunakan yaitu SPSS. Hasil analisis data diperoleh  pengaruh rebranding dan product quality terhadap brand image sebesar R Square sebesar 0,450. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas yaitu Rebranding dan Product Quality dapat menjelaskan variabel terikat yaitu brand image sebesar 45,0% dan sisa 55,0% dijelaskan oleh variabel lain. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil uji t pada variabel Rebranding (X1) diperoleh nilai = 2,054 > 1,98, dengan tingkat signifikan 0,043 lebih kecil dari batas signifikansi 0,05, ini berarti thitung > ttabel, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dan Rebranding secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap brand image. Uji t pada variabel product quality diperoleh nilai thitung = 5,114 > 1,98 dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari batas signifikasi 0,05, ini berarti thitung > ttabel, yang berarti Ho di tolak dan Ha diterima dan product quality secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap brand image.

References

Adisty, n. (2022, 05 15). Tumbuh Pesat, Pemakaian Produk Kecantikan di Indonesia Kian Meningkat. Retrieved from goodstats: https://goodstats.id/article/menilik-meningkatnya-konsumsi-produk-kecantikan-di-indonesia-LcQed

Amstrong, K. &. (2008). Manajemen Pemasaran. Cetakan ke enam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Cahayani, C. O., & Image, B. (2020). Image dan Dampaknya Terhadap Keputusan. 10, 5–8.

Fathoni, M., & Fadillah, D. (2021). Representasi dan Stereotip pada Perempuan Berkulit Gelap dalam Iklan “Fair and Lovely.” Jurnal Audiens, 2(1). https://doi.org/10.18196/jas.v2i1.8837

John, R. K. (2012, 05 07). Fair Lovely. Retrieved from Scribd: https://id.scribd.com/doc/92660019/Fair-Lovely

Kotler, P. d. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Ii, B. A. B. (1995). Bab ii kajian teori.

Iii, B. A. B., Populasi, A., & Penelitian, S. (2011). Ninoy Yudhistya Sulistiyono, 2013 Gambaran Asupan Zat Gizi Dan Aktivitas Fisik Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu 19. 19–29.

Mitra, A. (2020, 06 25). Fair & Lovely re-branding: Is it strategic or under pressure? Retrieved from linked in: https://www.linkedin.com/pulse/fair-lovely-re-branding-strategic-under-pressure-amitava-mitra

Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding: Destroying, transferring or creating brand equity? European Journal of Marketing, 40(7–8), 803–824. https://doi.org/10.1108/03090560610670007

Patrisia, M., & Nugrahani, R. U. (2018). Pengaruh Rebranding Terhadap Brand Image Pixy The.

Permana, M. V. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115–131. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2756/2814

Putra, I. G. W. S. C. (2021). Evaluasi Pengaruh Product Quality, Product Innovation Dan Marketing Promotion Terhadap Brand Image Ikea. Digismantech (Jurnal Program Studi Bisnis Digital), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2264

Rahma, e. (2021, 02 03). Glow & Lovely Teruskan Program Pendidikan Perempuan Pasca Rebranding. Retrieved from mmarketeers: https://www.marketeers.com/glow-lovely-teruskan-program-pendidikan-perempuan-pasca-rebranding

Sri Hartati, S. S. B. (2020). Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan perbankan. AmaNU : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Suwono AmaNU : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi AmaNU : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Suwono AmaNU : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 3(1), 55–72.

Sugiyono. (2014). Kuesioner. 2014. file:///C:/Users/WINDOWS 10/Downloads/BAB III, data kuantitatif.pdf

Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D . bandung : alfabeta.

Tabroni, G. (2022). populasi. 16-05-2022. https://serupa.id/populasi-dan-sampel-penelitian-serta-teknik-sampling/

Tjiptono. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

TOP Brand Index. (2017). Perawatan pribadi krim pemutih. Retrieved from TOP Brand Index: https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2017&type=subcategory&tbi_find=krim%20pemutih

Wicaksono, A., & Nurseto, S. (2018). Tahun Penjualan Rupiah Unit Target Penjualan ( Unit ) Pencapaian Penjualan Laba Bersih. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 1–9.

Wulan Sari, C. (2019). Nomor 2-Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 7.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Novita Zahrotul Khoiroh, & Lilik Purwanti. (2023). Peran Rebrandring dan Product Quality Terhadap Brand Image Produk Fair and Lovely Menjadi Glow and Lovely. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(4), 188–205. https://doi.org/10.58192/populer.v1i4.452