Filosofis dan Praktis dalam pemikiran Al Farabi Dalam Pendidikan

Authors

  • Deby Erdriani Universitas Negeri Padang
  • Mukhaiyar Mukhaiyar Universitas Negeri Padang
  • Azwar Anananda Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v3i4.2688

Keywords:

Al-farabi, filsafat, Intelek (Akal), Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi analisis filosofis dan praktis dari pemikiran Al Farabi dalam pendidikan.Al Farabi, seorang filsuf Islam terkemuka, menekankan pentingnya mengintegrasikan filsafat dan praktik dalam pendidikan untuk mengembangkan individu yang seimbang. Dengan meneliti ide-idenya, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana ajarannya dapat diterapkan dalam praktik pendidikan modern.Melalui kombinasi analisis teoritis dan contoh praktis, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggabungan filosofi Al Farabi dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan dan berkontribusi pada perkembangan holistik siswa.Implikasi dari penelitian ini menyoroti relevansi mengintegrasikan prinsip-prinsip filosofis ke dalam kerangka pendidikan untuk menumbuhkan pemikiran kritis, nilai-nilai moral, dan kesadaran sosial di kalangan pelajar.

References

Afria Nursa, R., & Suyadi, S. (2020). Konsep Akal Bertingkat Al-Farabi Dalam Teori Neurosains Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.2757

Ahmad, G. (2020). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-FARABI. JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research; Vol 1, No 1 (2020): Edisi April; 48-64 ; 2723-5793 ; 2723-5807 ; 10.33853/Jiebar.V1i1. https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/jiebar/article/view/60

Ardiansyah, A. (2020). Pemikiran Filsafat Al-Farabi Dan Ibnu Sina. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 168–183. https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i2.520

Ashari, M. K. (2023). Profile of Pancasila Students in Al-Farabi’s Educational Philosophy. Jurnal Ilmiah Iqra’; Vol 17, No 1 (2023); 116-133 ; 2541-2108 ; 1693-5705. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/2253

Burhanuddin, N. (2018). Filsafat Al-Fârabî Sebagai Kritik Ideologi. Tajdid, 25(1), 17. https://doi.org/10.36667/tajdid.v25i1.339

Faisal fath Junaidi. (2019). No Title.

Farid, F. A. G., & Fauzi, A. (2023). Musik Islami Sebagai Terapi Ketenangan Jiwaperspektif Al-Farabi. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–10. http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/aflah/article/view/1151

Fish, B. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 2507(February), 1–9.

Harahap, K., & Salminawati. (2022). Sumber- Sumber Filsafat Islam Urgensi Filsafat Islam Serta Tokoh-Tokoh Filsafat Islam. Journal Of Social Research, 1(4), 277–284. https://doi.org/10.55324/josr.v1i4.78

Hendrawati. (2017). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Jurnal Akuntansi, 11, 33–46.

Hilmansah, D. H. (2023). Kajian Pemikiran Pendidikan Al-Farabi Dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 4(2), 136–161. https://doi.org/10.51190/jazirah.v4i2.121

In’amuzzahidin, M. (2017). Konsep Kebebasan Dalam Islam. At-Taqaddum, 7(2), 259. https://doi.org/10.21580/at.v7i2.1206

Ma’mun Muhammad Murai lml - Abu Nasr Al Farabi (870 - 950 M) (filsafat, seniman, & sufie).pdf. (n.d.).

Majid, A. (2019). Filsafat Al-Farabi Dalam Praktek Pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 19(1), 1–13. https://doi.org/10.32699/mq.v19i1.1597

Program, S., Iain, P., & Jambi, S. (n.d.). Aktualisasi Filsafat Al-Farabi Dalam Era Modern (Telaah Kritis Teori Kenegaraan Al-Madinah Al-Fadhilah).

Relevansinya, K. A. D. A. N., & Pancasila, D. (2020). ، ينلماظلا ىلع ّ لاا ناودع لاو ، ينقتملل ةبقاعلاو ، ينلماعلا بر لله دملحا موي ةعافشلا بحاصو ، ينلسرلما ماماو ينيبنلا ّ تماخ دممح انديس ىلع للها ى ّ لصو لىا نم ينلحاصلا هدابع ىلعو ، ينب رقلما ّ وتكئلام ىلع للها تاولصو ، نيدلا محرا وىو وتحمرب مهنم مكاياو ان.

Rohmatin, T. (2022). Al-Farabī on Human. Ilmu Ushuluddin, 9(1), 2022.

Santosa, S., & Abdillah, K. (2021). Pemikiran Muhammad Athiya Al-Abrasyi Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(2), 156. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i2.982

Soleh, A. K. (2010). Integrasi Agama dan Filsafat Pemikiran Epistemologi al-Farabi.

Syafaat, I. N., & Masyhuri, M. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Al-Farabi dengan Generasi Z. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research; Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER; 162-173. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2940

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Erdriani, D., Mukhaiyar Mukhaiyar, & Azwar Anananda. (2024). Filosofis dan Praktis dalam pemikiran Al Farabi Dalam Pendidikan. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 46–55. https://doi.org/10.58192/populer.v3i4.2688