Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Montessori Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Jvana Wahyu Pratami Universitas Indraprasta PGRI
  • Arif Rahman Hakim Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2312

Keywords:

Montessori, Props, Mathematical problemsolving abilities

Abstract

This research aims to determine the effect of Montessori learning media on mathematical problemsolving abilities. This research method is experimental with regression analysis techniques. The research sample consisted of 70 Bina Bangsa Vocational School students in South Tangerang City who were taken using a simple random sampling technique. The instrument for measuring mathematical problem solving uses a descriptive test of 5 questions. The results of the research show that there is a significant positive influence of Montessori learning media on mathematical problemsolving abilities with a value of tcount (3.61889) > ttable (3.13167).

 

References

Budiharti, S. S. (2017). Pengembangan Alat Peraga Montessori Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.

Harefa, D., & La'ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327-338

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 31-42.

Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.

Nasaruddin, N. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21-30.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab Kesulitan Belajar Geometri Dimensi Tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90.

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133.

Putri, A. Y., & Dewi, S. (2020). Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 488-498.

Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019, February). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 439- 443).

Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, Pp. 439-443).

Sa'adah, I. (2021). Pemanfaatan Media Tiga Dimensi Sebagai Sarana Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Semester 2 Sdi Darul Falah Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(1), 1-12

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2021). Efektivitas Penggunaan Video Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education (Rme) Pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 202-205.

Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 2(1).

Suryawan, H. P. (2021). Pemecahan Masalah Matematis. Sanata Dharma University Press.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Published

2024-06-30

How to Cite

Jvana Wahyu Pratami, & Arif Rahman Hakim. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Montessori Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 180–190. https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2312