Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 pada Siswa Sekolah Dasar di Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2116Keywords:
Independent Curriculum, 21st Century Learning, Teacher's RoleAbstract
This research aims to describe the role of teachers in 21st century learning for elementary school students in the independent curriculum. In this research, the method used is qualitative descriptive analysis with a library research approach, namely an approach that focuses on literature analysis. Researchers collect data from various written sources such as books, journals and other references. Based on the research results, it shows that in 21st century learning teachers have a very important and crucial role in the learning process and development of students' skills based on 4C skills (communication, critical thinking, collaboration and creativity). It is hoped that 21st century learning for elementary school students through the independent curriculum can develop students' potential and skills to compete with developments that are increasingly developing day by day. The implementation of the independent curriculum in elementary schools also plays a role in creating empowered students, able to adapt to current developments through a project to strengthen the profile of Pancasila students. Therefore, it is hoped that there will be collaboration and support from parents, school principals and the government so as to produce a young generation who are intelligent, have character and are ready to face the future.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam pembelajaran abad-21 pada siswa sekolah dasar di kurikulum merdeka. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research, yaitu pendekatan yang berfokus pada analisis literatur. Peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal, dan referensi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran abad-21 guru memiliki peran yang sangat penting dan krusial dalam proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan siswa berdasarkan keterampilan 4C (communication, critical thinking, collaboration, dan creativity). Pembelajaran abad-21 pada siswa sekolah dasar melalui kurikulum merdeka diharapkan dapat mengembangkan potensi dan keterampilan siswa untuk bersaing dengan perkembangan zaman yang kian hari makin berkembang. Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar juga berperan untuk menciptakan siswa yang berdaya, mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. Oleh karena itu diharapkan adanya kolaborasi dan dukungan dari orang tua, kepala sekolah dan pemerintah sehingga menghasilkan generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi masa depan.
References
Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 37–46. http://journal.kurasinstitut. com/index.php/ijit
Hilmin, H., Dwi Noviani, & Ani Nafisah. (2022). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 148–162. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.565
Irnanda, E. F. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1), 2250–2263. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11739
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kurikulum Merdeka. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Milya Sari, & Asmendri. (2020). NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Muadz, M. (2023). Pengembangan Model Optimalisasi Pemanfaatan Pmm Dalam Implementasi Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Bagi Satuan Pendidikan Jenjang Sd Di Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(2), Vol. 2, No. 2, April 2023, hlm. 680–702. https://jurnal.widyahumaniora.org/
Nopiani, S., Nuvitalia, D., & Setianingsih, E. S. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5 Di Sdn 4 Klambu Kabupaten Grobogan. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 12(99), 22–30. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12315
Noptario, N., Rizki, N., Nur’aini, N., & Ningrum, E. C. (2024). Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka: Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 656–663. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.813
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v6i2.2082
Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433
Rohmah, A. N. (2023). Studi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Pendidikan Dasar. BTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/ibtida’.v4i01.476
Rumasukun, N. A.-M., Faizin, M., & Apia, G. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai. Jurnal Basicedu, 6(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.5220
Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan Dan Peluang Di Era Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 10. https://doi.org/https: //doi.org/10.23969/jp.v8i3.11520
Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392
Septiyana, R., Yanti, N. N. Y., Putri, R., & Delfero, H. (2024). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21 di SD 20 Kota Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 73–79. https://siducat.org/index.php/jpt
Simabura, E. N., Saepudin, A., & Rachmah, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Karakter Religius di Sekolah Penggerak SDN 235 Lengkong Kecil Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(2), 737–744. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSIEd/article/view/9011
Syaripudin, S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/142%0Ahttps:// jer.or.id/index.php/jer/article/download/142/115
Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68
Wahyudi, A. E., Sunarni, S., & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8532
Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 37–46. http://journal.kurasinstitut. com/index.php/ijit
Hilmin, H., Dwi Noviani, & Ani Nafisah. (2022). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 148–162. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.565
Irnanda, E. F. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1), 2250–2263. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11739
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kurikulum Merdeka. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Milya Sari, & Asmendri. (2020). NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Muadz, M. (2023). Pengembangan Model Optimalisasi Pemanfaatan Pmm Dalam Implementasi Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Bagi Satuan Pendidikan Jenjang Sd Di Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(2), Vol. 2, No. 2, April 2023, hlm. 680–702. https://jurnal.widyahumaniora.org/
Nopiani, S., Nuvitalia, D., & Setianingsih, E. S. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5 Di Sdn 4 Klambu Kabupaten Grobogan. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 12(99), 22–30. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12315
Noptario, N., Rizki, N., Nur’aini, N., & Ningrum, E. C. (2024). Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka: Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 656–663. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.813
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v6i2.2082
Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433
Rohmah, A. N. (2023). Studi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Pendidikan Dasar. BTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/ibtida’.v4i01.476
Rumasukun, N. A.-M., Faizin, M., & Apia, G. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai. Jurnal Basicedu, 6(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.5220
Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan Dan Peluang Di Era Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 10. https://doi.org/https: //doi.org/10.23969/jp.v8i3.11520
Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392
Septiyana, R., Yanti, N. N. Y., Putri, R., & Delfero, H. (2024). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21 di SD 20 Kota Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 73–79. https://siducat.org/index.php/jpt
Simabura, E. N., Saepudin, A., & Rachmah, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Karakter Religius di Sekolah Penggerak SDN 235 Lengkong Kecil Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(2), 737–744. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSIEd/article/view/9011
Syaripudin, S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/142%0Ahttps:// jer.or.id/index.php/jer/article/download/142/115
Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68
Wahyudi, A. E., Sunarni, S., & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8532
Widaningsih, R., Herrnawam, A. H., & Prihatini. (2023). Endidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), hlm, 67. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas
Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru. v3i1.1417
Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & Zulela, M. S. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 48–52. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.639
Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907