Pengembangan Media Raksa (Roda Aksara) Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Salsabillah Fil Jannah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Solchan Ghozali Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v2i4.1480

Keywords:

development of script wheel media, javanese script, learning outcome

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran,
mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran, mendeskripsikan efektifitas
media pembelajaran roda aksara pada mata pelajaran Bahasan Jawa materi aksara
Jawa di kelas III.A Madrasah Ibtidaiyah Roudhotul Islamiyah Sawocangkring.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE
(analisis, perancangan, pengebangan, penerapan, evaluasi). Hasil penilaian
kelayakan media roda aksara didapatkan dari hasil validasi dari ahli media sebesar
94% dengan kategori sangat valid serta hasil validasi media dari ahli materi sebesar
77,5% dengan kategori valid. Hasil keefektifan media pembelajaran roda aksara
didapatkan melalui hasil respon peserta didik dengan menggunakan tes tertulis
yang mendapatkan hasil thitung sebesar 11,33 dan ttaabelsebesar 2,06 sehingga media
roda aksara dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

References

Ananda Fitria, S., Hapsari Avio Imani, S., Arief Pratama, F., & Hisnan Hahjron, kun. (2022). Meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi aksara jawa dengan menggunakan media pembelajaran spin game. 3.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Kaaffah Learning Center.

Hartono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Pustaka Belajar.

Ilmiah, J., & Grafis, K. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Kasus SD Mardi Rahayu 01 Ungaran). 13(2), 21–36.

Jalius, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. 2016.

Mauludin, A. A., & Subrata, H. (2020). Pengembangan Media Ropantar (Roda Panah Putar) PENGEMBANGAN MEDIA ROPANTAR (RODA PANAH PUTAR) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.

Nadhiroh, U., & Bagus Wahyu, S. (n.d.). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa dalam Melestarikan Budaya Jawa. Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, 1–10.

Nugroho, S. A., & Wulandari, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Jawa Interaktif Berbasis Multimedia (Studi Kasus SD Mardi Rahayu 01 Ungaran). Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13.

Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel dan Kuesioner (Abdul, Ed.). CV Adanu Abimata.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Rudi Setiawan, H., & Bahtiar, A. (2021). Monograf: Metode Role Play (Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Peserta Didik)) (R. Harfiani, Ed.). UMSU Press.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Ulwawiyah, L. I. Pengembangan Bahan Ajar dan Implementasi Online Assesment pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D dan 3D untuk Kelas XI MM di SMKN 1 Sooko Mojokerto.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Salsabillah Fil Jannah, & Solchan Ghozali. (2023). Pengembangan Media Raksa (Roda Aksara) Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(4), 255–269. https://doi.org/10.58192/populer.v2i4.1480