Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Maumere
DOI:
https://doi.org/10.58192/populer.v2i3.1241Keywords:
Quality of Tax Services, Understanding of Tax Regulations, Compliance of Individual TaxpayersAbstract
The purpose of this study is to analyze the effect of tax service quality and understanding of tax regulations on individual taxpayer compliance. This research is a quantitative research with an associative approach. The population in this study is all taxpayers who report to the Maumere Pratama Tax Service Office amounting to 23,931 taxpayers. The sample in this study used the slovin formula with a total of 100 taxpayers. Data collection was carried out through the distribution of questionnaires to respondents, where the research instrument used the Likert scale. Data analysis techniques using multiple linear regression analysis models with the help of SPSS programs, descriptive statistics, data quality tests and classical assumption tests. The results of the study are known that the quality of tax services and understanding of tax regulations partially or simultaneously affect the compliance of individual taxpayers.
References
Asterina, F., & Septiani, C. 2019. Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Sanksi Perpajakan, Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Wpop). Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(2), 595. https://doi.org/10.32502/jab.v4i2.1986
Dince, M. N., & Desy, H. N. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan , Pemeriksaan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Maumere. 7(28), 2036–2044.
Dince, M. N., & Rangga, Y. D. P. 2021. Kepatuhan Wajib Pajak Di Desa Maluruwu Kecamatan Palue Kabupaten Sikka Ditinjau Dari Aspek Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Penghasilan, Sanksi, Tingkat Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan. Journal of Economic, Business and Accounting.
Ghozali. 2018. Stie Indonesia. Bab III Metoda Penelitian, 1–9.
Johanes dkk. 2017. Tene 2017. Jurnal EMBA, ISSN 2303-1174, 5(2), 443–453.
Lovihan, S. 2014. Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, dan Kualitas Layanan terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Orang Pribadi di Kota Tomohon. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 5(1), 44–59. https://doi.org/10.35800/jjs.v5i1.4930
Nofiandriani, D. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Pada Wajib Pajak Orang Pribadi.
Nur Ghailina As'ari. 2018. Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak TerhadapnKepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi.
Nur Kamila Sari. 2018. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sikap Wajib Pajak, Pemahaman Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bintan. Jurnal Accounting, 1–27.
Oki Hartini. 2018. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dasn Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.
Pebrina, R., & Hidayatulloh, A. 2020. Pengaruh Penerapan E-Spt, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 1–8. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i1.2563
Prabawa, M. A. M., & Noviari, N. 2012. Pengaruh kualitas pelayanan dan sikap terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi di KPP Badung Utara. E-Journal S1 Akuntansi Universitas Udayana, 1(2), 1–15. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/2060
Priambodo, P., & Yushita, A. N. 2017. Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Purwrejo Tahun 2017. Jurnal Profita Edisi 5 Tahun 2017, 5(2), 1–16.
Rachman, T. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 28, 10–27.
Septianingrum, F. A., & Diamonalisa Sofianty. 2023. Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Bandung Conference Series: Accountancy, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsa.v3i1.6974
Sugiyono. 2018. Rancangan Penelitian. Bandung.
Tandafatu, N. K., & Rangga, Y. D. P. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kesetiaan Pengunjung di Desa Wisata. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 459–471.
Yanto, J. R., & Widiyohening, C. R. 2017. Analisis Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purworejo. Karya Ilmiah Akuntansi Politeknik Sanwunggalih Aji, 1–10.
Yoseph Darius Purnama Rangga, Antonius Philipus Kurniawan Gheta, I. W. 2020. Kualitas Pelayanan Publik Ditinjau dari Aspek Reformasi Birokrasi.