Analisis Laju Pertumbuhan Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Pajak Daerah (Studi Kasus Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sikka)
DOI:
https://doi.org/10.58192/populer.v2i3.1206Keywords:
Advertisement Tax, Local Tax, Growth Rate, ContributionAbstract
The purpose of this study was to determine and analyze the Growth Rate and Contribution of Advertising Tax Revenue to Sikka District Regional Tax Revenue. The type of research used is descriptive-quantitative. Quantitative-descriptive is a method that aims to create an objective picture or description of a situation using numbers starting from data collection, interpretation of the data as well as the appearance and results. The data analysis technique in this study uses the growth rate analysis formula and the contribution formula. The results of this study show that the average growth rate of advertisement tax revenue for 2017-2021 reaches 72% and the growth rate of local tax revenue reaches 49%. The average contribution of advertisement tax revenue to regional taxes in 2017-2021 reached 1.07% with very low criteria. Efforts made by BAPENDA of Sikka Regency to increase advertisement tax revenue through intensification and extensification.
References
Christia, A.M. and Ispriyarso, B. (2019) ‘Desentralisasi Fiskal Dan Otonomi Daerah Di Indonesia’, Law Reform [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.14710/lr.v15i1.23360.
Dety Lafera (2020) ‘Pengaruh Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Tanah Datar.’, Journal of Social and Economics Research, 2(1), pp. 052–060. Available at: https://doi.org/10.54783/jser.v2i1.16.
Dewi, W.R., M, M.D. and Nuzula, N.F. (2016) ‘Kontribusi Pajak Hotel Dan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah’, Jurnal Perpajakan (JEJAK)| [Preprint].
Dince, M.N. and Rangga, Y.D.P. (2021) ‘Kepatuhan Wajib Pajak Di Desa Maluruwu Kecamatan Palue Kabupaten Sikka Ditinjau Dari Aspek Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Penghasilan, Sanksi, Tingkat Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan’, Journal of Economic, Business and Accounting, 5(1), pp. 203–213. Available at: https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/snkn/article/view/594.
Firmansyah (2019) ‘Analisis Potensi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kota Makasar’, Amnesty Jurnal Riset Perpajakan, 02. Available at: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/1325-Full_Text.pdf.
Fitriani (2012) ‘Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Pada Dinas Pendapatan Daerah’, Universitas Tanjungpura Pontianak [Preprint].
GEMILANG, P. (2017) ‘Untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar sarjana Ekonomi pada Jurusan Akuntansi’, Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id [Preprint]. Available at: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/28840-Full_Text.pdf.
Juliarini, A. (2020) ‘Komparasi Penerimaan Pajak Daerah Kota Dan Kabupaten Di Indonesia Setelah Berlakunya Undang-Undang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah’, Jurnal BPPK : Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, 13(2), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.48108/jurnalbppk.v13i2.227.
Koromath, J. (2021) ‘Analisis Laju Pertumbuhan Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Pajak Daerah Kabupaten Manokwari …’, Cakrawala Management Business Journal [Preprint].
Kurniawan, D. (2010) ‘Pendapatan asli daerah kabupaten kudus’, Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kudus, pp. 1–15.
Lintong, A., Subijono, H. and ... (2015) ‘Analisis Perbandingan Kontribusi Pajak Reklame Kabupaten Minahasa Selatan Dan Kabupaten Minahasa Terhadap Pajak Daerah Tahun 2009-2013’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset … [Preprint].
Matondang, A.W. and Rohmah, M.M. (2018) ‘Analisis Penerimaan Pajak Reklame Sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Binjai Pada Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai’, Jurnal Manajemen [Preprint].
Ratdiananto, A., Musadieq, M. Al and Hidayatl, K. (2016) ‘Analisis Laju Pertumbuhan Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Pajak Daerah’, Jurnal Perpajakan [Preprint].
Ristanti, Y.D. and Handoyo, E. (2017) ‘Undang-Undang Otonomi Daerah Dan Pembangunan Ekonomi Daerah’, Jurnal Riset Akutansi Keuangan [Preprint].
Rosmawati, S. and Rizqiah, F. (2019) ‘Analisis Realisasi Penerimaan Pajak Reklame dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Batang Hari Periode 2006-2015’, Ekonomis: Journal of Economics and Business [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i1.59.
sabil, sabil (2017) ‘Peranan Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Pada Kabupaten Bogor Jawa Barat’, Moneter - Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 4(2), pp. 145–149. Available at: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/2230/1703.
Sanga, K.P., Hermanto, S.B. and Handayani, N. (2018) ‘Pengaruh Penerimaan Daerah Terhadap Kemandirian Keuangan Daerah Dengan Belanja Modal Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 19(2), pp. 67–81.
Soleh, A. (2020) ‘Analisis Pajak Reklame Dalam Upaya Meningkatkan PAD Di Kabupaten Sarolangun’, Journal Development [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.53978/jd.v8i1.146.
Tombokan, M. et al. (2019) ‘Analisis Perhitungan Dan Pelaporan Pajak Reklame Di Kabupaten Minahasa Selatan’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi [Preprint].
Tri Wahyuni, E. and Verawaty (2019) ‘Analisis Laju Pertumbuhan, Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame terhadap Pendapatan Pajak Daerah’, GCA-4 Global Competitive Advantage [Preprint].
Yolanda, P.N., Achmad, H. and Devi, A.F. (2015) Analisis Efektivitas Pendaptan Pajak Reklame dan Kontribusinya pada Pendapatan Pajak Daerah, Jurnal Perpajakan.
Yoseph Darius Purnama Rangga, Antonius Philipus Kurniawan Gheta, I.W. (2020) ‘Kualitas Pelayanan Publik Ditinjau dari Aspek Reformasi Birokrasi’, Charli Ones Chintya,Putri Intan permata sari dkk., 8(2), pp. 491–502.